FPPTI

6 Desember 2018/Kebayoran, Jakarta.  Fenomena disrupsi telah membawa dampak yang luar biasa ke berbagai bidang kehidupan, tidak terkecuali perpustakaan. Informasi dalam era saat ini tidak hanya bermasalah dengan kuantitasi jumlah tetapi juga dalam kecepatan penyampaiannya. Kemandirian serta keterampilan masyarakat khususnya civitas akademika dalam penelusuran informasi serta pencarian informasi yang relevean sangat dibutuhkan. Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) adalah wahana kerjasama antara Perpustakaan Perguruan Tinggi di Indonesia. FPPTI DKI Jakarta sebagai mitra dalam melaksanakan pembinaan perpustakaan perguruan tinggi di ruang lingkup wilayah DKI Jakarta dan sekitar nya mengadakan kegiatan acara berupa literasi informasi yang berjudul Instructional Design and Pyschological Learning For The Library User 4.0. Seminar tersebut diadakan di Aula Maftuchah Yusuf Universitas Negeri Jakarta. Perpustakaan Universitas Satya Negara Indonesia sebagai anggota FPPTI DKI Jakarta mendelegasikan salah satu pustakawannya untuk mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan seminar tersebut berisi tentang bagaimana pustakawan sebagai stakeholder melakukan kegiatan literasi informasi/bimbingan pemustaka dengan pendekatan pragmatis. Pustakawan diharapkan mampu membuat materi pembelajaran untuk diterapkan di perpustakaan, memahami pemikiran pemustaka masa kini, serta mengembangkan media digital dalam proses digital literasi. Seminar Instructional Design and Pyschological Learning For The Library User 4.0 menghadirkan narasumber dari kalangan praktisi serta akademisi yaitu

  • Dr. Lukman (Keynote Speaker - Kemenristekdikti)
  • Ferry Irawan (Praktisi Instructional Design)
  • Fitriani, M.Si (Psikolog-Dosen UAI)

Hasil yang diperoleh dari pelaksaan kegiatan tersebut yaitu, Instructional Design adalah proses untuk merancang proses penyampaian materi dalam sebuah proses pembelajaran untuk menciptakan pengalaman pembelajaran (learning experience) yang mampu membuat pemahaman materi dan pengetahuan lebih menarik, efektif dan efisien. Menurut Ferry Irawan, hal yang harus di lakukan dalam pembuatan  Instructional Design adalah AGILE yaitu, Adaptive, Games, Inovative, Long life learning, dan Emphatic.